DITEMUKAN, TEMPAT LAHIR MANUSIA PERTAMA

INILAH.COM, Jakarta- Penemuan terbaru di wilayah terpencil Karonga Malawi utara memberikan bukti lanjutan bahwa daerah tersebut dapat menjadi tempat lahirnya manusia, seorang peneliti Jerman terkemuka mengatakan.

Profesor Friedemann Schrenk dari Universitas Goethe di Frankfurt mengatakan dua siswa yang bekerja di situs penggalian bulan lalu, telah menemukan alat-alat jaman prasejarah dan gigi dari Hominid.

"Penemuan alat-alat prasejarah terbaru dan sisa-sisa hominid memberikan bukti tambahan terhadap teori Great Rift Valley Afrika, dan mungkin saja daerah situs penggalian didekat Karonga dapat dianggap sebagai tempat lahirnya manusia," kata Schrenk.

Hominid adalah anggota dari keluarga primata yang meliputi manusia dan nenek moyangnya dari zaman prasejarah.

Penemuan tersebut tepatnya berada di situs penggalian Malema, sekitar 10 km dari Karonga.

Di situs tersebut juga terdapat bukti dari beberapa dinosaurus paling awal yang hidup antara 100 juta hingga 140 juta tahun yang lalu. Awal mula Hominid diyakini hidup antara satu juta dan 6 juta tahun yang lalu.

Schrenk saat ini memimpin tim peneliti dari Eropa dan Afrika untuk membentuk sebuah pusat studi lintas disiplin ilmu pada mamalia dan evolusi hominid di negara Afrika bagian selatan.

Karonga terletak sekitar 615 km utara ibukota Lilongwe, dekat perbatasan dengan Tanzania.[ito]

0 Comments:

Post a Comment